SINOPSIS Goblin Episode 16 Bagian 2 (END)

SINOPSIS Goblin Episode 16 Bagian 2
Sumber gambar dan konten: tvN



Merayakan pernikahan, Presdir Kim dan Deok Hwa datang ke rumah Shin. Wang Yeo masa bodoh menggunakan kekuatan magic-nya dihadapan Presdir Kim. Ia membekukan bir yang akan mereka minum menggunakan tangan. Kontan Presdir Kim cegukan melihat keanehan dihadapannya.

Shin yang baru datang juga menggunakan kekuatannya untuk mengambil botol dari kulkas. Botol itu melayang tepat dihadapan Presdir Kim. Presdir Kim sempat pingsan akibat ulah mereka. Deok Hwa dan Eun Tak memarahi mereka yang sangat cuek dan sembrono dihadapan orang lain.

Shin dan Wang Yeo saling tunjuk menyalahkan. Tapi Presdir Kim cuma pingsan sebentar sekali, ia kembali bangkit melanjutkan perayaan mereka. Deok Hwa, Wang Yeo dan Presdir Kim meminta pasangan baru untuk bernyanyi.

Eun Tak malu-malu kucing mengaku tidak bisa menyanyi. Shin dengan pede menyanyi duluan meski fals. Eun Tak ikut bergabung menyanyi, keduanya saling senggol malu-malu menyanyikan lagu cinta.

Malam harinya, Eun Tak dan Shin tidak jengah saling pandang terus. Shin membelai rambut Eun Tak kemudian mengucapkan selamat malam, aku mencintaimu. Eun Tak tersenyum balas mengucapkan selamat malam. Keduanya pun memejamkan mata.

Keesokan harinya, Eun Tak menjalankan siaran dengan hati yang berbunga-bunga. Selain karena pernikahan, rating acara mereka juga terbilang tinggi. Eun Tak pun bergegas pulang saat pekerjaannya sudah selesai. Sementara Shin, dia baru pulang belanja sambil membawa sebuket bunga untuk istri tercinta. Asiik.. udah istri loh

Wang Yeo dan Hoobae-nya sedang membaca setumpuk amplop. Hoobae –nya menduga kalau bus sekolah mungkin akan mengalami kecelakaan. Wang Yeo tampak tidak tega, inilah hukuman yang terberat baginya (menjemput nyawa ana-anak).

Ponsel Hoobae berdering, Hoobae pun permisi pergi.


“Ahjussi?” tegur seseorang.

Rupanya Eun Tak ada disana dan melambaikan tangan pada Wang Yeo. Wang Yeo balas melambaikan tangan padanya. Eun Tak memberikan isyarat kalau dia akan melanjutkan perjalanannya. Wang Yeo mengangguk.

Hoobae kembali memberitahukan jika kecelakaan dibatalkan. Seketika, kartu nama yang ada ditangan mereka menjadi kertas putih tanpa tulisan. Wang Yeo senang mendengar anak-anak itu tidak jadi mati. Hoobae jadi penasaran, tapi kenapa kematiannya menjadi berubah?

Wang Yeo tertegun mengingat bagaimana ia tadi memperhatikan kartu nama dan Eun Tak berada dihadapannya secara tiba-tiba disana. “Karena sebuah kematian tidak terdaftar. Kematian yang tidak terprediksi.” Ucapnya.


Eun Tak menerima panggilan dari Shin. Baru jam empat, Shin sudah menyuruh Eun Tak pulang alasannya karena dunia jaman sekarang menakutkan. Eun Tak mengaku kalau dia mau rapat dulu. Saat akan berbelok, Eun Tak tidak sengaja melihat ada truk berjalan tanpa kendali. Seperti kejadian sebelumnya, rem parkir truk ini lepas sendiri secara misterius.


Truk itu berjalan dengan sangat kencang karena jalanannya menurun. Eun Tak menoleh ke arah kanan, disana ada gerobolan anak-anak yang akan naik bus antar jemput. Ia kebingungan bergumam panik.. ada anak-anak.. kalau aku banting stir.. assh... aku gila..


Eun Tak pun memilih untuk memajukan mobilnya ke tengah jalan untuk menghadang truk itu supaya tidak menghantam anak-anak. Shin yang sedang menghubungi Eun Tak memanggilnya tidak mengerti, kau bilang apa aku tidak jelas? Ji Eun Tak~~

BRAK! Terjadilah kecelakaan hebat disana. Kontan Shin menjatuhkan gelas wine –nya dengan terkejut. Dia memanggil-manggil Eun Tak, apa yang terjadi?

Dimobilnya, kepala Eun Tak bocor akibat benturan. Dia menatap langit dengan lemasnya, hari ini sungguh terasa sangat sempurna. Saat bangun, ia berada dalam dekapannya. Siaran hari ini berjalan sangat sempurna. Segala sesuatu berjalan sangat sempurna untuk mengantarkannya pada titik ini.

Ia mengingat bagaimana Shin semalam mengucapkan kata cinta padanya, “Aku mencintaimu.”

Eun Tak membalas ucapannya sekarang “Aku juga mencintaimu.”

Tepat saat itu pula, tangan Eun Tak terkulai lemas. Diatas gedung, Wang Yeo dan Hoobae menyaksikan kecelakaan yang dialami oleh Eun Tak.

“Pengorbanan seorang manusia juga bukan sesuatu yang dapat diprediksi Sang Pencipta. Ini bukan bagian dari rencana-Nya. Itu terjadi akibat insting manusia dan pilihan yang mereka buat sendiri. Pilihan yang hanya bisa dibuat manusia.” Ucap Wang Yeo dengan berkaca-kaca.

Hoobae baru menerima kartu kematian Eun Tak, 29 tahun akibat kecelakaan. Suratnya datang menyusul rupanya.


Eun Tak berdiri menyaksikan keributan disekitar mobilnya. Wang Yeo menghampiri Eun Tak kemudian mengonfirmasi nama serta tanggal lahirnya. Eun Tak mengangguk. Ia mengaku takut saat ini, padahal ia sudah membuat keputusan sendiri (untuk mengorbankan hidupnya demi menyelamatkan anak-anak sekolah tadi).

Berita kecelakaan Eun Tak disiarkan. Dua orang ibu mengomentari kejadian ini, mereka merasa orang yang sudah mengorbakan dirinya adalah malaikat. Dia bukan wanita biasa. Kalau bukan karena dia maka sudah ada banyak anak yang meninggal.


Eun Tak sudah sampai di tempat kerja Wang Yeo. Dia merasa tempat yang digunakan Wang Yeo bagus. Tapi ia punya pertanyaan, maukan dia menjawabnya untuk seseorang yang sudah mati. Katanya seseorang punya empat kehidupan, lalu kehidupan ke berapa yang ia miliki saat ini?

“ini adalah kehidupan pertamamu.”

Eun Tak bersyukur karena ia masih punya empat kehidupan lagi. Pintu tiba-tiba terbuka, Shin tertegun menyaksikan Eun Tak sudah ada disana. Wang Yeo permisi untuk menyiapkan teh dan membiarkan Shin berbicara dengan Eun Tak.


Tanpa banyak kata lagi, Shin menangis dihadapan Eun Tak dengan pedihnya kehilangan seseorang yang sangat ia sayangi. Eun Tak menghapus air matanya, ingatkan Shin dengan apa yang ia katakan sebelumnya? Seseorang yang ditinggalkan harus hidup dengan bahagia. Sesekali boleh menangis tapi dia harus banyak tertawa dan bahagia. Itulah balasan yang tepat untuk cinta yang mereka terima.

“Bagaimana seperti ini? Bagaimana bisa kau melakukannya?”


Shin memeluk Eun Tak erat dan Eun Tak balas mengusapnya lembut. Eun Tak memohon padanya supaya ia bisa melihat wajahnya. Shin pun melepaskan pelukannya.

“Kau lupa mengabulkan satu dari tiga permintaanku. Bisa kau mengabulkannya sekarang?” tanya Eun Tak “Jangan terlalu lama patah hati. Kita akan bertemu lagi. Tunggu aku dan jangan terlalu sering menurunkan hujan. Bisa jadi masalah. Itulah permintaan ketigaku.”

“Tapi bagaimana bisa aku hidup tanpamu?”

Eun Tak meyakinkan jika ia hanya pergi sementara, ia akan kembali dan mencari Shin. Ia berjanji akan memohon pada Sang Pencipta supaya mengabulkan permintaannya. Di kehidupan selanjutnya, dia akan panjang umur dan hidup di samping Shin dalam waktu yang lama.

Wang Yeo memberikan teh pelupanya. Eun Tak menolak, ia hanya ingin supaya Wang Yeo menjaga pria dihadapannya ini. Wang Yeo pun mengangguk.


Eun Tak berjanji pada Shin bahwa dia akan segera kembali, dia akan berlari kembali. Shin meyakinkan jika ia akan menunggunya, entah 100 atau 200 tahun, dia akan menunggu. Eun Tak pun masuk dalam pintu, ia melambaikan tangan mengucapkan sampai jumpa.

Sontak Shin menangis selepas kepergian Eun Tak. Menangis dan terus menangis menerima kepergiannya yang sangat tiba-tiba.

Waktu berlalu, Shin menuliskan sesuatu diatas kertas. “Dalam ingatan tercinta memperlai Dokkaebi. Semoga beristirahat dalam damai.” Shin membakar kertas itu di pantai tempat ia dan Eun Tak pertama bertemu.

Wang Yeo menjadi saksi bagaimana Shin begitu sedih saat menerima kepergian Eun Tak. Sepanjang hari terjadi hujan dalam waktu yang cukup lama. Roh yang hilang telah pergi meninggalkan dunia ini tanpa pelindung yang telah kehilangan dirinya sendiri.


Shin masih terus mengenang bagaimana momen-momen bahagianya bersama Eun Tak. Pembicaraan mereka sebelumnya, senyuman Eun Tak, dan segala hal tentang Eun Tak masih terekam jelas dalam ingatan Shin.

Waktu pun berjalan dengan begitu cepat, 30 tahun telah berlalu.

Hoobae memberikan amplop terakhir untuk Wang Yeo, hukuman panjangnya telah berakhir. Wang Yeo mengucapkan terimakasih pada Hoobae atas bantuannya selama ini. Hoobae jadi agak melo menahan tangis akan kehilangan sunbae dekatnya.

Wang Yeo membenahi barang-barang miliknya. Setelah rapi, ia membuka amplop nama orang terakhir yang akan ia cabut nyawanya. Dan disana terteralah nama Kim Sun. Dulu ia bilang mereka tidak akan tukar kabar lagi tapi akhirnya sampai juga padanya.


Dia pun bersiap untuk berangkat. Mengenakan topi dan jas hitam seperti biasanya, ia mengucapkan salam perpisahan pada Shin. Ia menyuruh Shin menjaga dirinya dan berbahagialah.

“Aku sudah bahagia kok.”

“Jangan membuat hujan.”

“Jangan khawatir. Aku sudah biasa.”

Wang Yeo menyuruh Shin supaya menjemur pakaian setelah dicuci. Jangan lupa datang ke ruang teh –nya juga. Ia ingin melanggar peraturan sekali lagi.


Pintu ruang teh Wang Yeo terbuka, seorang wanita memasuki ruangannya. Wanita itu tidak lain adalah Sunny. Sunny tersenyum melihat Wang Yeo yang tidak menua dan tetap tampan. Wang Yeo berkata bukankah sebelumnya Sunny mengatakan kalau mereka tidak akan bertemu kembali?

Sunny lupa kalau lelaki yang ia sukai adalah seorang pencabut nyawa. Ia juga lupa kalau Wang Yeo pasti akan mengetahuinya. Wang Yeo mengaku merindukan Sunny.

“Aku mengetahuinya.”

Wang Yeo memegang tangan Sunny dan memasangkan kembali cincin giok miliknya dulu. Ia meminta maaf karena sebelumnya memakaikan cincin itu dengan kasar. Tidak, Sunny mengaku merindukannya. Wang Yeo memberitahukan jika Sunny adalah nyawa terakhir yang akan dicabutnya.

“Lalu bagaimana dengan kita? Apa yang akan terjadi? Inikah happy ending kita?”

“Ini adalah kehidupan ketigamu.” Ucap Wang Yeo.

“Bagaimana denganmu?”

“Aku tidak tahu.”


Wang Yeo menunjuk jika Shin ada disana. Sunny menoleh, rupanya Shin tidak masuk ke ruangan, tapi dia mengintip dari jendela luar. Shin menggerutu karena Sun sekali lagi tidak memperdulikan kakaknya. Sunny tersenyum lebar, paling tidak dia senang karena bisa melihat kakaknya sebelum pergi.

“Itu karena teman baikku.” Ucap Shin.

Wang Yeo bangga menunjukkan salamnya. Sunny meminta maaf karena harus meninggalkan Shin lebih dulu. Shin tidak apa-apa, dia mengharapkan kebahagiaan untuknya. Adiknya yang jelek.

Wang Yeo pun menggandeng Sunny menuju ke alam selanjutnya.

Shin kembali merasa kesepian. Ia berjalan di padang bunga soba “Adik, teman, bahkan mempelaiku semua sudah pergi. Pada akhirnya aku sendirian.”


Shin duduk di bangku pinggir sungai sambil menerawang jauh. Seorang pria duduk disampingnya, ia memberikan sebagian sandwich yang ia makan untuk Shin. Ia mengira kalau Shin pengangguran yang putus asa, ia menyemangatinya dan yakin dia akan mendapatkan sebuah pekerjaan. Beberapa orang memang terlambat bersinar dalam hidupnya.

Setiap kehidupan pada akhirnya akan kembali pada Sang Kuasa. Saat kau mengemudi lurus dalam hidup, meskipun seseorang mencoba menubrukmu dari belakang, waktu itulah, Sang Pencipta akhirnya akan menatapmu.” - batin Shin.


Pria itu bangkit ingin pergi ke arah kanan. Shin menunjuk ke arah kiri, dia menyuruhnya untuk berjalan lewat sana. Ada orang yang membutuhkan bantuannya disana. Shin pun mengucapkan terimakasih atas sandwitch –nya.

Shin menyuruh pria itu lewat jalan sebaliknya, nanti di sana dia akan bertemu dengan seseorang yang membutuhkan bantuannya. Pria itu menuruti Shin dan di sana, dia melihat Presdir Kim yang sekarang sudah berubah menjadi seorang kakek tua sedang memperhatikan mobilnya yang sedang mogok di tengah jalan.



Pria itu ternyata seorang mekanik dan dia langsung menawarkan bantuannya. Dia heran kenapa Presdir Kim tidak menelepon perusahaan asuransi saja. Menyadari pria ini datang bukan karena panggilan dari perusahaan asuransi, Presdir Kim langsung mengerti Shin lah telah mengirim orang ini padanya.



Shin hendak pergi meninggalkan rumahnya lagi. Di tengah jalan, dia berpapasan dengan sebuah lokasi syuting film. Di sana, dia melihat Sunny dan Wang Yeo duduk bersama di sebuah mobil. Senang senang melihat mereka sudah bereinkarnasi dan bertemu kembali.

"Aku menerbangkan lentera setiap malam. mendoakan adikku, di masa depan. Dan Rajaku, di masa depan. Akan bertemu kembali. Dan jika mereka bertemu kembali, semoga mereka bahagia. Itulah harapanku"



Sunny hendak pergi, tapi Wang Yeo tiba-tiba memelintir tangannya dan memborgolnya. Ternyata dia cuma sedang menunjukkan bagaimana cara menangkap penjahat yang baik dan benar. Sunny tak percaya mendengarnya, dia kan cuma tanya dan bukannya memintanya untuk memborgolnya betulan.


Ujung-ujungnya mereka saling berdebat dan saling menilai jelek satu sama lain. Kesal, Sunny protes pada Sutradara dan bertanya siapa sih orang ini dan kenapa dia kasar sekali? Sutradara berkata kalau pria ini adalah konsultan mereka, dia Detektif dari tim Kejahatan Kriminal.

"Aku Lee Hyuk dari kantor polisi Gangnam," ujar Wang Yeo memperkenalkan diri. Dan tiba-tiba saja, Sunny terpesona. hehe.
Suatu malam, mereka berdua berakhir di sebuah motel. Sunny menjelaskan pada si penjaga untuk tidak salah paham. Mereka sedang syuting di dekat sini tapi kru-nya tidak memesan hotel, jadi mereka terpaksa kemari. Wang Yeo mengklaim kalau dia stylist-nya Sunny.



Penjaga berkata kalau kamarnya cuma tinggal satu. Sunny dan Wang Yeo mengambilnya dengan senang hati. Saat mereka hendak menuju kamarnya, sepasang kekasih lain datang dan pesan kamar. Dan si penjaga lagi-lagi berkata kalau kamarnya cuma tinggal satu. Sunny dan Wang Yeo langsung membeku. Tapi mereka memutuskan untuk pura-pura tidak dengar dan Wang Yeo langsung menggandeng Sunny ke kamar mereka.


Suatu hari saat mereka kencan di coffeee shop, Sunny bertanya apakah mereka hanya akan terus kencan seperti ini? Kapan Wang Yeo akan bilang kalau Wang Yeo menyukainya? Wang Yeo tanya balik, masa harus dia yang mengatakannya? Sunny protes, masa harus dia duluan? Dia kan aktris! Dia sudha frustasi karena menyukai Wang Yeo duluan.

"Siapa bilang kau menyukaiku duluan?"

"Semua orang juga begitu. Apa salahnya?"

"Aku menyukaimu duluan. Itulah pengakuanku"


Senyum Sunny langsung mengembang seketika. Dia lalu memakaikan sebuah gelang di tangan Wang Yeo, anggap saja ini borgol karena Wang Yeo sudah mencuri hatinya. Di gelang itu ada bandul berbentuk saja (singa), Wang Yeo sepertinya seorang Detektif yang hebat sampai-sampai dia dijuluki Joseong-saja (Malaikat Maut).

Sunny menunjukkan kalau itu gelang pasangan yang sudah dia pakai duluan di lengannya. Wang Yeo langsung menyingkirkan minumannya dan menciumnya di hadapan publik. Kalau begitu ini hari pertama mereka resmi pacaran? tanya Sunny. Wang Yeo menjawabnya dengan menciumnya seklai lagi.

Di Quebec, Shin hendak keluar jalan-jalan. Pelayannya menasehatinya untuk menghindari jalan utama karena ada beberapa pelajar dari Korea yang datang berkunjung dan mereka cukup berisik.


Shin membaca di antara deretan nisan Keluarga Yoo tanpa menyadari seorang gadis yang berjalan agak jauh di belakangnya. Gadis itu membawa sebuah bunga dandelion yang kemudian serpihannya terbang tertiup angin. Gadis itu mengangkat bunga dandelionnya ke wajahnya.

OMO! Dia Eun Tak yang sepertinya salah satu dari pelajar SMA yang mengunjungi Kanada. Eun Tak tersenyum, "Aku menemukannya."


Dia mengingat kembali saat Shin berkata tidak ada kesedihan dan cinta yang bertahan selamanya. Menjawab pertanyaan Shin yang terdahulu, Eun Tak berkata "Cinta yang sedih."

Shin merasakan kehadirannya dan langsung menoleh. Eun Tak berjalan menghampirinya dengan mata berkaca-kaca dan bertanya, "Ahjussi, Kau tahu siapa aku, kan?"

"Mempelai pertama dan terakhir... goblin," jawab Shin dengan air mata menggenang di pelupuk matanya. Eun Tak tersenyum dan menitikkan air mata haru dan Shin pun tersenyum padanya.

-THE END-

23 Responses to "SINOPSIS Goblin Episode 16 Bagian 2 (END)"

  1. Ni sdah ending yg keren mnurut q. Karna mereka sdah pnya status yg jelas. Sunny dan wang yoe mereka sdah renkarnasi jd mereka bs ngelanjutin cintany. Eun tak jg bkan jwa yg hlang lg.

    ReplyDelete
  2. Ni sdah ending yg keren mnurut q. Karna mereka sdah pnya status yg jelas. Sunny dan wang yoe mereka sdah renkarnasi jd mereka bs ngelanjutin cintany. Eun tak jg bkan jwa yg hlang lg.

    ReplyDelete
  3. :D happy ending nya lumayan yah. wlwpun krg greget dan terkesan buru" bgt slesainya.. thank you ya min...

    ReplyDelete
  4. Bakalan kangen sm actingx gong yoo, smg gong yoo secepatx main drama lg

    ReplyDelete
  5. endingnya bikin mewek,aku liat diyoutube td malem,sape terisak2 cinta yang sedih :( :(

    ReplyDelete
  6. ya...... Keren.Keren.kerennnnnnn.... salut ma deramax sama yg nulis sinopsisx..... Trima kasih mbak puji.....

    ReplyDelete
  7. Ending nya kurang greget..
    Pdhal Udah ngarep klo eun tak and OM goblin reinkarnasi and hidup bahagia...
    Kasihan OM goblin hrs ttp Jd goblin And terus menyaksikan kematian dr org yg dia sygi...
    Takdir dan hukuman dr Sang dewa kejam bngt trhadap mereka๐Ÿ˜ญ..
    Yg happy ending adalh wang yoo and sunny...
    Thank min sinopsis ny keren ๐Ÿ‘
    Hwaiting!!!๐Ÿ˜‰

    ReplyDelete
  8. Finally beres juga dramanya. Keren deh drama ini.. Suka bgt sama chemistry para pemainnya.. Tapi endingnya kayanya terburu buru bgt yaa.. Pdhl lanjutin aja nambah smpe eps 20 gitu. Hehe. Makasih min sinopsis nya.. Semangaaaat buat nulis sinopsis drama lainnya.. Hehe

    ReplyDelete
  9. Happy ending karena pilihan masing2. Meski sedih & kesepian demi menunggu cinta sejati. Dan goblin tetap jadi Goblin yang di tiap fase kehidupan menunggu dg sabar mempelainya. Thanks buat penulis sinopsisnya.

    ReplyDelete
  10. akhirnya.. ending juga dramanya. keren lah, happy ending. tapi deok hwa nya itu masih ambigu kalo menurut aku. enggak diceritain, apa dia bahagia dg kehidupannya atau mungkin udah mati?
    thanks kak, sinopsis goblinnya๐Ÿ˜™๐Ÿ˜™๐Ÿ˜™ fighting buat project selanjutnya๐Ÿ˜™๐Ÿ˜™๐Ÿ˜™

    ReplyDelete
  11. Dramanya keren bikin nangis �� walopun ditengah jalan kepikiran ini drama nya mati hidup mati hidup alias kebanyakan reinkarnasi hahaha, over all gw suka bgt sampe abis2 kuota lain yg baca sinopsis, potongan di ig, youtube wkwkwkwk.. tks min lanjut sinopsis drama yg bakal keluar baru yaah �� sarange ��

    ReplyDelete
  12. Dramanya keren bikin nangis �� walopun ditengah jalan kepikiran ini drama nya mati hidup mati hidup alias kebanyakan reinkarnasi hahaha, over all gw suka bgt sampe abis2 kuota lain yg baca sinopsis, potongan di ig, youtube wkwkwkwk.. tks min lanjut sinopsis drama yg bakal keluar baru yaah �� sarange ��

    ReplyDelete
  13. keren banget ni. Suka endingnya walaupun sedih krn gong yo tetap jadi goblin yang nggak bisa mati sampe akhir :(
    Makasih mbak udh ngerecap sampe akhir. Ditunggu project selanjutnya ya. Gamsahamida

    ReplyDelete
  14. Yah sdh end...pertemuannya d ending terakhir kurang gereget keliatan bngt klo terburu2...coba pas ketemu lgi ada adegan pluk end kiss jd lbih mntap..tp btw trm ksh buat penulisny jngn bosen buat nulis drama2 yg lain..

    ReplyDelete
  15. Yah sdh end...pertemuannya d ending terakhir kurang gereget keliatan bngt klo terburu2...coba pas ketemu lgi ada adegan pluk end kiss jd lbih mntap..tp btw trm ksh buat penulisny jngn bosen buat nulis drama2 yg lain..

    ReplyDelete
  16. Walaupun endingnya happy semua... Tapi kasihan si shin masih jadi goblin aja dia... Brarti ntar kalau eun tak mati lagi shin sendirian lagi.... Ngenes nya om shin ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  17. Yg lebih nyesek kenapa deok hwa gak dimunculin juga, kan w penasaran sama hidup dia ๐Ÿ˜ฅ

    ReplyDelete
  18. Ampun dah ... udah tamat aja masih belum bisa move on ama nih drama "Goblin" kesayangan gw..
    pengen banget ada kelanjutannya.
    dan kalau bisa next project buat drama yang meranin mereka berdua lagi "gong yoo & kim go eun".
    kayak pemain kill me heal me & secret love (hwang jung eum & ji sung), tuh kan pemain sama 2 X.
    tapi aku rasa sih pasti agak lama untuk membuat mereka berdua kembali duet didrama yang sama (abisnya chemistry nya dapet banget/cucok untuk pacaran beneran)...
    tapi ini pengharapan yang besar untuk ngobati rasa kangen ama drama "Goblin" :(

    btw, gomawo buat mbak ngerecap sinopsis nya...
    hwaiting !!!

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. aku ketinggalan loh, blum nnton ampe habis..๐Ÿ˜
    btw, jd suka sama om goblin.. sedap di pandang ๐Ÿ˜Š (said ji eun tak)

    ReplyDelete
  21. Endingnya happy kok..

    Menurutku... Goblin bisa kembali ke dunia kan krn janji nya sama eun tak. Jadi kalau misalnya setelah eun tak berinkarnasi berulang sampai 4 kali.. Pas selesai hidup ke 4nya.. Euntak sudah ga inkarnasi lgi di dunia maka saat itu goblin juga beristirahat dgn tenang krn sudah ga punya alasan di dunia ini lgi utk penuhi janjinya.

    ReplyDelete
  22. Love bgt kak ๐Ÿ˜‚, thanks yaa buaat sinopsisnyaa

    ReplyDelete

Jangan lupa komentar yaah^^ biar aku lebih semangat dalam membuat postingan. Meskipun jarang bales tapi semua komentar selalu aku baca kok.. *serius*

Gomawo^^

KOMENTAR