SINOPSIS Scarlet Heart: Ryeo Episode 20 Bagian 2 (End)

SINOPSIS Scarlet Heart: Ryeo Episode 20 Bagian 2 (End)
Sumber gambar dan konten: SBS

So terkejut mendengar kabar tentang Soo dan begitu tak mempercayainya. Ji Mong memberitahukan bahwa Soo sudah sering mengirimkan surat untuk So. So langsung menyambar surat kiriman Jung yang ia abaikan.

Ia baru menyadarinya kalau surat yang Jung kirim didalamnya berisi surat tulisan Hae Soo.

Ia bergetar membaca baris per baris tulisan Soo “Hidup ini bagaikan mimpi. Benar dan salah. Cinta dan benci. Semua hal itu terkubur seiring berjalannya waktu dan menghilang tanpa meninggalkan jejak. Apa kau masih mengira kalau kau tidak memiliki seluruh isi hatiku dan kau selalu membenciku? Aku selalu khawatir kalau aku mungkin telah meninggalkanmu dengan rasa kebencian bukannya cinta dan membuatmu hidup dengan kegelisahan.”

So meremas surat itu, melampiaskan kepedihannya setelah mendengar kabar yang begitu mengejutkan. Kabar yang telah mengoyak perasaannya.

Aku masih mencintaimu. Ketika kau mengorbankan segalanya dan berada di sisiku dalam derasnya hujan.” - Soo

“Ketika kau membahayakan tubuhmu untuk melindungiku dari anak panah. kau sudah jadi seseorang yang tidak pernah bisa kulupakan dalam hidupku.”

“Aku menyadari bahwa lawan dari cinta bukanlah kebencian melainkan kepergian. Aku takut kalau kau mengira aku meninggalkanmu dan karena itu kau meninggalkanku. Aku merindukanmu tapi aku tak berada disampingmu. Aku merindukanmu tapi aku tak bisa berada didekatmu. Aku selalu berharap dan menunggumu ditempat ini.. Aku menunggumu.. setiap hari.”

Tak lama, So memacu kudanya menuju ke kediaman Jung.


Sedangkan Jung tengah bersedih memeluk wadah abu Hae Soo. Disana juga terdapat beberapa batu yang telah Soo gambari wajah pangeran. Baek Ah datang dengan terburu – buru dan Jung langsung memberikan sebuah surat padanya.

So datang dengan tergesa – gesa. Dia berteriak menanyakan keberadaan Hae Soo. Ia meminta mereka untuk berhenti bercanda. Jung bertanya sinis, sebenarnya apa yang So selama ini lakukan? Jangan berpura – pura sendih.

So menarik kerah baju Jung dengan geramnya, selama ini dia yang sudah menulis nama Jung didalam surat Soo. Mana dia tahu kalau didalamnya terdapat surat Jung?

Jung baru sadar kalau tindakan kecilnya telah membuat So tak membaca surat Hae Soo. Meskipun begitu, seharusnya dia tahu kalau Soo sedang sakit. Dia tahu kalau So mengirimkan mata – mata ke rumahnya.

“Kau sekamar dengan Soo dan sangat akrab dengannya. Karena itu, So Hyungnim tidak mau dengar kabar kalian berdua.” Bela Baek Ah.

So memeluk wadah abu Soo dan tak bisa lagi menahan tangisnya. Ia memeluknya dengan penuh penyesalan dan kesedihan “Soo, ayo kita pergi.”

Jung melarangnya, bagaimanapun juga Soo adalah istrinya. Baek Ah langsung menghentikannya dan berkata kalau seharusnya Jung paling mengerti. Dia tahu kan siapa yang sebenarnya Soo inginkan untuk hidup bersama?


Setelah So pergi, Baek Ah menyuruhnya jangan menentang Raja lagi kalau memang dia menganggap Soo sebagai seorang teman. Hae Soo menghabiskan waktunya terjebak dalam pertikaian mereka. Kau tahu itu kan, apa kau ingin membuatnya semakin bersedih?

Jung mengeluarkan hiasan rambut Hae Soo dari balik pakaiannya. Baek Ah tersentak, dia baru menyadari bahwa sesungguhnya Jung menyimpan sebuah perasaan yang lebih dari teman pada Hae Soo “Bodoh..”

Baek Ah pun memeluk Jung, menenangkannya yang masih begitu sedih karena kehilangan seorang yang ia cintai. Istrinya.

So pun pergi ke danau, danau tempat yang penuh kenangan antara dirinya dan Hae Soo. Moment terakhir yang mereka lakukan bersama, ketika So gundah kehilangan Jendral Park dan Soo pun mengatakan “Aku... tidak akan meninggalkanmu.” Ucapnya pada So yang merasa kesepian setelah dinobatkan menjadi Raja.

Sedangkan Won dilarang keluar dari ruangannya dan seorang pengawal memberikan nampan berisi racun. Won tak terima disuruh membunuh dirinya sendiri, dia lebih baik dihukum gantung didepan istana Cheondeokjeon!

Baek Ah menemuinya dan Won langsung menuduhnya, mengira semua ini adalah sebuah perintah yang dikeluarkan oleh Raja. Namun Baek Ah mengelak, ini adalah permintaan Hae Soo sebelum ia meninggal.

Ia pun memberikan surat yang ditulis Chae Ryung untuk Soo. Baek Ah meminta maaf karena tak bisa berbuat apa – apa lagi.

Won lemas setelah membaca surat tersebut, mungkin dia baru menyadari betapa tulusnya Chae Ryung selama ini dalam membantunya. “Wanita bodoh..” ucapnya dengan sedih.


Hari telah berlalu, Baek Ah mengunjungi rumah Wook dan bertemu seorang gadis kecil yang tengah bermain petak umpet. Dia memperingatkan agar Baek Ah hati – hati, nanti ayah akan menangkapnya.

Baek Ah menghampiri keponakannya dengan ceria “Kau putrinya Wook Hyungnim, 'kan? Aku pamanmu. Paman ke-13 mu.”

Bohong. Gadis itu menolak untuk percaya soalnya dari penampilan Baek Ah seperti seorang musisi jalanan.

“Aku serius. Siapa namamu?”

“Aku Bok Sun.”

Baek Ah menggelengkan kepalanya ketika ingat dulu Woo Hee pernah membohonginya dengan mengatakan kalau namanya adalah Bok Sun. Tapi yang membuat Baek Ah lebih penasaran lagi adalah jimat zhen mu shou yang dipakainya. Dimana dia mendapatkan benda itu?

Bok Sun mengaku tak tahu tapi ia begitu menyukai benda itu.


Bok Sun telah membuat kenangan masa lalu Baek Ah kembali terulas. Dulu disaat moment terakhirnya dengan Woo Hee.. Woo Hee memeluknya. Seandainya saja kalau dirinya bukanlah putri Baekje, dia mungkin telah menjadi pasangan Baek Ah dengan segenap hatinya.

Saat Baek Ah tersadar dari lamunannya, sosok Bok Sun telah menghilang dan Woo menghampirinya. Wook terlihat tak sehat dan terus terbatuk – batuk. Ia mendengar kalau Baek Ah belum juga menikah dan menghabiskan waktunya dimedan perang.

“Jika tidak ada kebahagiaan di dunia ini, bukankah hidup itu terasa melelahkan?” ujar Baek Ah.

Wook membicarakan So yang katanya sekarang rajin membaca "Pokok Pemerintahan dalam Kepemimpinan Zhenguan." Sekarang dia mengayunkan pedang (berperang) dan membebaskan para budak lalu mengembalikan status kebangsaan mereka. Dia juga mengambil kekuasaan dari kelas bangsawan.

Ternyata Wook masih tertarik dengan dunia politik, komentar Baek Ah. Wook mengaku kalau dia hanya mengamati saja. Dia penasaran saja, akan menjadi raja seperti apakah So? Mungkinkah dia menjadi Raja Goryeo yang paling kuat dalam sejarah?

“Dia juga telah mengorbankan banyak hal.” Ucap Baek Ah.

“Akhir – akhir ini, aku selalu memikirkan seseorang.”

“Apa kau masih merindukan Soo?”
Entahlah, Wook juga tak tahu pasti. Ia merasa selalu mencurahkan hatinya, tapi ia sering melakukan sebuah kesalahan.

Deg. Wook tiba – tiba terdiam dengan wajah terkejut. Dalamnya benaknya terkilas ingatan akan Nyonya Hae. Entahlah, apa maksudnya ini. Mungkinkah sebenarnya orang yang Wook cintai selama ini hanya Nyonya Hae Seorang?

Yeon Hwa mendatangi So dengan kesalnya, hari ini adalah hari ulangtahun Putra So, Ju. Tapi dia tak menemuinya sama sekali bahkan Ju sampai takut akan Ayahnya sendiri. So selalu saja menganggapnya sebagai seorang saingan. Dia sudah membuang semua keponakannya, tapi apa dia tak bisa mempercayai Putranya?

Tanpa basa – basi, So menuduh kalau Yeon Hwa dan Putranya cuma mengincar posisinya saja.

“Jadi... kau masih saja mengingat perempuan itu? Kau membebaskan perbudakan karena kau tidak bisa melupakannya. Kau pikir aku tidak tahu?” tuduh Yeon Hwa balik.

Okelah, anggap saja semua dugaan Yeon Hwa itu benar. Meskipun dia tahu, apa yang akan ia lakukan untuk mengubah semuanya.

“Setelah kupikir-pikir, sepertinya aku mengerti kenapa Hae Soo meninggalkanmu.”

So sempat terdiam mendengar ucapan tersebut.



Perbincangannya dengan Yeon Hwa membuat ia ingin kembali mengenang Soo dan pergi kedanau. Dia malah bertemu dengan seorang bocah yang sedang berlarian dan menabraknya. Bukannya minta maaf, bocah itu malah pura – pura kesakitan. Ini mengingatkannya dengan sosok Hae Soo, dulu dia juga pura – pura sakit saat menabraknya.

“Kau yang menabrakku duluan.” Komentar So sambil tersenyum “Siapa namamu?”


Jung mengejarnya dengan tergesa – gesa dan anak itu memanggilnya dengan sebutan Ayah. Anak itu langsung bersembunyi dibalik punggungnya. So memperingatkan kalau Jung seharusnya tak datang ke istana, dia tak seharusnya keluar dari Chung Ju. Jung meminta maaf, ini adalah hari peringatan kematian Hae Soo. Ia berjanji hal semacam ini tak akan terulang kembali.

So nampaknya penasaran, Keluarga Jung baru saja mengajukan izin pernikahan untuknya tapi anaknya malah sudah besar. Berapa umurnya?
Jung seolah menghindari pertanyaan seperti itu, Raja pasti sibuk dengan urusannya. Apa dia juga mau mengurusi umur Putrinya? Jung membopong putrinya untuk segera pergi.

So melihat hiasan rambut yang digunakan oleh anak itu, itu adalah hiasan milik Hae Soo pemberian darinya. Dia memerintahkan agar Jung meninggalkan Putrinya. Jung sontak berlutut dihadapan So “Aku tidak bisa kecuali kau membunuhku.”

“Benarkah?”

Jung mengaku kalau demi anak ini.. Soo memohon agar ia tak boleh tinggal di istana. Karena tinggal di istana sangat menakutkan dan kesepian. Dia berpesan agar anak ini tidak tinggal diistana. Itulah yang Hae Soo pikirkan sebelum menutup mata.

Yah, dari perkataan Jung mungkin So telah menangkap sebuah arti yang menjelaskan kalau anak itu adalah Putrinya. Ia pun memutuskan untuk membebaskan Jung dari hukumannya dan memperbolehkannya masuk ke dalam istana.


Hari berlalu, Ji Mong memutuskan untuk meninggalkan istana. So jelas tak ikhlas harus kehilangan orang kepercayaannya lagi, dulu dia mengatakan akan menjadi pendamping Raja. Ji Mong mengaku kalau Rajanya hanyalah satu orang. Dia adalah seseorang yang ia anggap sebagai teman sekaligus saudara.

“Dan tentang Hae Soo Agasshi, menurutku dia bukan berasal dari dunia ini. Ketika kau memikirkannya, ada banyak hal yang akan kausadari. Kau harus melupakannya. Jika kau ingin memiliki orang yang tak bisa kaucapai, kau nanti akan jadi seperti aku.”

So memalingkan wajahnya, dia tak mau melepaskan Ji Mong.


Tepat ketika Ji Mong melangkahkan kakinya keluar gerbang. Tiba – tiba langit berubah gelap dan nampak gerhana matahari dilangit.

Waktu berputar.. kilasan kilasan kisah yang pernah dialami oleh Hae Soo terulang kembali dan kita dibawa kembali ke dunia modern saat ini. Go Ha Jin sadar dari mimpinya dengan air mata yang berderai.


Keesokan harinya, Ha Jin curhat kalau ia mimpi bertemu pria dengan luka diwajahnya dan dia menggunakan topeng. Dia juga menggunakan pakaian jaman dulu. Teman Ha Jin menanggapi enteng, mungkin karena dia hampir mati tenggelam dan sadar setelah satu tahun makannya bermimpi seperti itu.

Ha Jin melihat seseorang yang tengah menerangkan tentang kosmetik Goryeo pada pengunjung museum. Orang itu tak lain adalah Ji Mong, Ha Jin sama sekali tak mengingat ataupun mengenalnya.


Anggap saja pria itu adalah Ji Mong, dia menghampiri Ha Jin dan menatapnya lekat – lekat sampai Ha Jin tak mengerti maksudnya. Dia kemudian bertanya, siapa nama marga keluarganya?

“Ya. Aku Go Ha Jin.”

Ji Mong mengatakan kalau marga Go pada jaman Goryeo adalah Hae. Benarkah? Kebetulan sekali karena Ha Jin juga menjual kosmetik pada jaman Goryeo.

“Tidak ada yang namanya kebetulan didunia ini.” Ucap Ji Mong.

Ha Jin cuma bereaksi aneh mendengar ucapannya. Ji Mong kemudian mengatakan kalau ia mencium bau mawar.
Ha Jin menunjukkan sebuah serum yang terbuat dari bunga bulgaria dan dia pun tiba – tiba mendengar suara seseorang. Ia terngiang ucapan Baek Ah yang dulu pernah memberikan hadiah minyak wangi bunga bulgaria padanya.

Sungguh Ha Jin tak sadar ataupun mengingat sesuatu, dia kemudian menunjukkan produk BB krim tapi ia lagi – lagi melihat kilasan aneh. Kilasan saat ia merias wajah So untuk menutupi luka dimatanya.

Ha Jin pusing dibuatnya. Temannya yang khawatir memintanya untuk istirahat, biar dia saja yang mengurus pelanggan.

Ji Mong diam dan terus memperhatikan Ha Jin. Dia sepertinya mengetahui sesuatu.

Tanpa sengaja Ha Jin melihat lukisan yang tertempel di dinding. Ia mulai tertarik dan bekeliling melihat lukisan di museum budaya ini. Ia melihat lukisan saat seorang Pangeran melakukan ritual permohonan hujan, dia tak lain adalah So. Ha Jin terkejut menyadari dirinya mengingat sesuatu dan satu persatu lukisan ia lihat, ia pun semakin sadar bahwa ia tahu akan setiap kejadian itu.


Ia semakin terhenyak dengan lukisan besar Raja Gwangjong, dideskripsinya tertulis “Namanya adalah So. Dia pelopor emansipasi budak yang ditahan dalam masa peperangan. Gwangjong adalah Raja  yang baik dan bijak.”

Namun disana juga tertulis “Pemusnahan besar – besaran.”

Ha Jin ingat akan ucapannya sendiri, ia berjanji pada dirinya kalau ia akan membantu So agar kelak dirinya tak lagi dianggap sebagai seorang Raja yang bengis.


Ia pun melihat lukisan So yang berdiri sendirian didepan istana. Ha Jin tak bisa lagi menahan tangisnya “Maafkan aku.. Maafkan aku yang telah meninggalkanmu sendirian.”


Saat terfokus pada lukisan tersebut, kita dibawa kembali ke jaman Goryeo dimana So memang benar – benar sendiri. Ia mengingat ucapan Baek Ah bahwa Wook telah meninggal. Dan Baek Ah yang tak memiliki tugas menemui siapapun lagi, dia juga akan pergi.

Yah.. So berdiri sendirian disana tanpa seorang pun disampingnya. Satu persatu dari mereka meninggalkannya. Dia menoleh kebelakang, mengharapkan seseorang hadir menemaninya, tapi sayang tak ada seorang pun. Dia sendiri. Kesepian. “Hidup sungguh cepat berlalu.”

So mengaitkan apa yang ia katakan dengan kenangannya bersama Soo, ketika mereka bicara mengenai ucapan Raja “Hidup itu pendek dan sia-sia. Dia berkata hidup ini begitu singkat. Tapi menurutku dia salah. Kau dan aku bersama seperti ini, jadi mana mungkin hidup itu sia-sia?”

Soo terus diam menunjukkan ekspresi yang sulit diartikan. So bertanya apa ada yang ia khawatirkan?

“aku selalu cemas setiap hari selama aku tinggal di sini. Setiap langkah yang ku ambil, aku merasa harus waspada, seolah berjalan di atas lapisan es yang tipis. Terkadang, aku merasa sesak.”

“Meskipun aku disini?”

“Seandainya kita bertemu di dunia lain dan di lain waktu, aku berfikir alangkah baiknya seperti itu. Aku pasti tak akan takut apapun dan bebas mencintaimu.” Harap Soo.

So memegang luka dimatanya. Tatapan matanya tajam, menyambung harapan Soo yang pernah ia katakan padanya “Jika kita tidak berasal dari dunia yang sama maka aku akan menemukanmu. Kekasihku.. Soo.”



Kembali pada kenangan mereka, Soo mengaku kakinya sakit. So celingukan dan ketika sudah yakin tak ada yang memperhatikan, ia pun menawarkan punggungnya untuk menggendong Soo. Soo sempat menolak namun akhirnya ia menurut juga.

Keduanya tampak bahagia saat itu.

-oOo-
CUAP CUAP:
Gimana cara aku mendeskripsikan ending drama ini yah? Mungkin bisa dikatakan ending drama kurang memuaskan, ini menurut aku. Entah kenapa disetiap scene akhir ini, rasanya mereka seperti menggabung adegan per adegan saja karena pada dasarnya memang seperti terburu - buru. 

Dan yang lebih menyebalkan lagi karena membuatku bingung. Contohnya, saat Baek Ah bertemu dengan anak yang ia katakan sebagai Anak Wook? Tapi bagaimana bisa namanya Bok Soon? Yah, mungkin saja kalau Book Son adalah nama yang tak sengaja Wook pilih dan kebetulan Woo Hee pernah mengatakannya. Tapi ada apa dengan jimat yang anak itu gunakan? Kenapa dalam sepersekian detik dia menghilang? Apa dia cuma sekedar halusinasi Baek Ah saja?

Dan lagi, kenapa seorang Ji Mong yang awalnya ada seorang tuna wisma tiba - tiba berubah menjadi seorang profesor? Berpakaian rapi, tidak seperti apa yang diperlihatkan di episode pertama? Sebenarnya dia siapa? Dia dari masa lalu kah? Dari masa depankah? 

Banyak yang menjadi pertanyaan dalam drama ini. Tapi aku suka dengan perkembangan karakter Jung, dia menepati janjinya untuk tumbuh menjadi seorang pria. Dan diakhir dia memutuskan untuk membantu Soo meskipun pada akhirnya dia tetap tak dapat memiliki hatinya. Tapi paling sedih, saat dia mengambil tusuk rambut milik Soo dihadapan Baek Ah.

Dari sisi Hae Soo dan So sendiri. Dua orang ini sama - sama berakhir menyedihkan, keduanya harus merasakan kehilangan. Apalagi Soo, bukankah kalau di C-version harusnya dia keguguran? Tapi haloo.. disini dia memiliki seorang putri tapi pada akhirnya dia kembali ke masa sekarang dan meninggalkan putrinya di sebuah jaman yang sangat mengerikan. Kehilangan orang yang ia cintai dan juga putrinya? Apakah dengan mudahnya dia akan hidup dimasa sekarang dan melupakan masa lalu yang ia lama di Goryeo selama bertahun - tahun?

Dan untuk So, sama saja. Awal yang menyedihkan untuknya dan berakhir pula menyedihkan. 
Meskipun aku ga suka dengan perbincangan dia dan Yeon Hwa. Dimana dia mengabaikan putranya sendiri, Ju? Bukannya dulu dia selalu mengeluh karena tak menerima perlakuan baik dari Ayahnya tapi pada akhirnya dia juga memperlakukan putranya sama saja seperti mendiang ayahnya. Kenapa? Wae? 

Diakhir episode, sebagai pemanis kita disuguhkan dengan piggyback mereka. Meskipun sebenarnya adegan manis, tapi ini malah bikin banjir air mata karena adegan itu hanya sebuah kilasan masa lalu saja.

Katanya sih, memang seharusnya ada adegan So yang muncul dimasa depan. Entah benar atau tidak, seandai aku berandai - andai, mungkin setelah So mengatakan kalau mereka berada di dunia yang berbeda maka ia akan menemui Soo... kekasihnya.

Mungkin kita akan dibawa kembali ke masa depan, dan So muncul dihadapan Soo dengan memberikan sapu tangan ketika ia menangis di depan lukisan. 

Asaa... aku menyelesaikan lagi satu drama dengan mba Imma. Terimakasih yang sudah senantiasa berkunjung dan berkomentar di blog kami. Gomawooo ^_^

Pengganti drama ini adalah "Romantic Doctor, Teacher Kim" aku bingung mau recap atau tidak soalnya masih ragu kalau sendirian, pemainnya adalah Yoo Yun Suk dan Seo Hyun Jin. Adakah yang tertarik?

56 Responses to "SINOPSIS Scarlet Heart: Ryeo Episode 20 Bagian 2 (End)"

  1. Ga ada kata terakhir untuk mereka puji? Nyesek sih tp belum sememorable uf buat saya wkwkwkwk kejamnya drama ini lebih kerasa sih sampe detik terakhir

    ReplyDelete
  2. Pujiiii...aku berharap Puji komen panjang tp mlh g ada komen sana sekali..jd tambah nyeseeeek..nangis guling2😭😭😭

    ReplyDelete
  3. Setuju banget sama semua komennya puji. Drama ini penuh tanda tanya apalagi di endingnya. Emang kalo dikasih ending keguguran ada hikmahnya jg buat soo di masa depan. Ngapain juga ya di masa goryeo toh so jg ga sama anak itu. Dan jung makin keliatan baiknya hihihi kalo ada season 2 harusnya scene jung diperbanyak eh tp balik ke goryeo ya?
    Ji mong ga paham. Setahun dia udh jadi prof. Trus bok son jg ga paham kenapa ditunjukin, apa mau ngeliatin baek ah aja. Scene so ma soo di masa depan emang ada syutingnya dan kata ji soo dicut sbs setelah dirundingkan mungkin biar ga sama versi aslinya. Cuma kata junki mau diliatinm entah di spesial atau dvd gitu.
    Romantic doctor, taulah puji siapa ini yg komen hahahahaha. Cuma tumpukan drama senin selasa itu yg bikin saya ga tega. Puji ga bikin entourage?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin Entourage dong.. Ga mau ketinggalan nonton cowok - cowok kece yang kelakuannya ajaib.. Tunggu aja yang kehadirannya di disini :D

      Delete
    2. CKCKCKCK banyaknya projectmu pujiiiiiii! Saya sampe ketar ketir rdtk ga jadi hahahaha tp itu semua project duet kan? Okelah kalo begitu ;) saya rela rdtk prioritas kesekian...
      Puji paling mengertilah hihihi

      Delete
  4. Mbak dian gimana puji? Saya hanya tau kalian berdua yg bs saya kedipin #eh
    Ini juga satu lagi yg saya habisin bareng puji :) akankah berlanjut?
    Oya kelupaan so. So ya makin ke sini makin kurang kerennya. Dia kayak pencuri itu masukke rumah jung terus ngambil abu. bener kata puji seolah nempel nempel adegannya. Kurang mulus menurut saya. Tapi ya akhir kata ttp apresiasi buat semua pemain. Saya penonton sangat terhibur sebenernya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dong. Meskipun banyak kekurangan, apresiasi ga boleh ketinggalan. Mereka udah capek juga tapi memang kadang usaha keras ga terbayar penuh sama hasilnya.

      Aku belum pernah salam salam kenal sama Mba Dian. Tapi tak coba dulu deh

      Delete
    2. Thank you puji^^ production housenya sama ma yg bikin UF oh my feels ><

      Delete
  5. Kalo menurutku ending nya udh pas karna emng dari awal hae soo dan so dr dunia yg beda..cuma emg ngarep bngt mereka ktemu dimasa depan
    ..meweeeeekk banget kalo nonton langsung,btw hae soo and so emng sukses banget bikin baper selama ini..thanks ya mba udh bikin sinopsisnya,biarpun udh nonton,tapi tiap selalu baca sinopsisnya jga...😊

    ReplyDelete
  6. Beuh ending nya ko begini sihhh ga ada so di masa depankah..?? Mereka layak bahagiaaaa 😭😭😭 oh iya makasih yg udh buat sinopsis.. d tunggu project selanjutnyaaaa ☺☺

    ReplyDelete
  7. Iya mba betul aku jga setuju sama pendapatnya mba puji.. kurang greget endingnya dan banyak pertanyaan.. makasih udah bikin sinopsisnya.. aku selalu tunggu loh tulisan mba puji termasuk komentarnya.. hehe jadi terus semangat ya.. aku tunggu juga project sinopsis lainnya..

    Rida :)

    ReplyDelete
  8. tamat2 dramanya, memang cinta nga harus manis terus. dtunggu sinop2 yang lainnya semangat terus.

    ReplyDelete
  9. Owh..trnyt td baca Puji blm kelar upload y..hahai..setuju..byk bgt tanda tanya..eksekusi ending yg kurang cantik..dan aku prihatin So dri awal mpe akhir menjadi karakter yg menyedihkan kesepian&selalu ditinggalkan..yah gmn tp y endingnya mwnya SW nim gitu..terima saja lah..meski emg kentara bgt terlalu byk pemotongan adegan dan ky kesusahakn memendekkan episode jd 20 yg hrse lbh panhang minimal 24 lah y..biar g byk dipotong2 trs lbh jelas maksudnya,kitanya jg lbh paham

    ReplyDelete
  10. padahal ngarep ada adegan pertemuan so sama soo di masa depan . ������ Inti ending buat semua pangeran, bisa di bilang sweet atau "happy" krn masing2 melanjutkan hidup dgn ingatan wanita yg mereka cinta walaupun gak bisa dibilang happy ending (semua berpasangan dgn pasangan yg mereka cinta) .

    ReplyDelete
  11. Aku ngerasanya endingnya gantung dan setuju sm cuap2nya mba puji,knp g ketemu di ms depan? :'(

    ReplyDelete
  12. Menurut qu, soo melahirkan bukannya keguguran itu bagus, setidaknya jung d berikan sedikit keadilan. Jung selalu memendam rasa cintanya kepada soo, tapi dia bisa mencurahkan kasih sayangnya kepada anak soo. Tapi aq kurang suka dgn expresi so waktu dia ketemu anaknya pertama kali, apa dia ngg nyadar kalo itu anaknya, kan jung udah ngasih kode, tapi ekspresinya biasa aja. Btw,, thanks puji & mba ima udah nyelesein sinopsis ini, dengan segenap hati... d tunggu next project. Drama apapun ngg masalah, yg penting genrenya romkom,hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa harus romcom? Punya trauma kah sama sad ending?

      Tak pilih - pilih aja lah, kalo yang nyantol pasti tak sinopin chingu

      Delete
  13. Nyesek gk ada sequelnyaa coba ada season 2 kan sedap tuh

    ReplyDelete
  14. Nyesek gk ada sequelnyaa coba ada season 2 kan sedap tuh

    ReplyDelete
  15. Sad ending, nangis terus bacanya.
    Mudsh2zn ad sekurlnya, tp kysknya ga mungkin, takutnya ratingnya rendah lagi. Hanya episode 20 yg retingnyz tinggi di korea sekitar 11.
    Gomawo for sinopsisnya mbak ima n mbak puji.
    Ditunggu proyek2 selanjutnya.
    Baru x ini ngikutin drama saegik dari awal sampai akhir.
    Semangatttttt

    ReplyDelete
  16. nyesek sih sad ending tapi bikin baper
    Gomawo yo...
    Di tunggu project brkt ny

    ReplyDelete
  17. Ini wang so tetap jd raja yg bengis ya ? Wktu go ha jin liat lukisan wang so, tertulis d ket lukisan itu : "Wang so adl raja yg baik dan bijaksana, namun pemusnahan besar-besaran"
    Bearti hae soo nggak berhasil ngbantu wang so biar nggak di kenang d sejarah sbg raja yg bengis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raja yang bengis tapi sepertinya dengan kehadiran Soo di Goryeo membuat So membantu para budak yang menerima ketidak adilan.

      Kalau ga ada Soo di Goryeo, mungkin So udah jadi bengis se bengis nya. Paling tidak dia melelehkan sedikit hati keras -nya So meskipun gak sepenuhnya dia menjadi seorang berhati lembut.

      Delete
  18. Chingu apakah benar ada tambahann 1 episd lagi. Untk DRAKOR ni?

    ReplyDelete
  19. Chingu apakah benar ada tambahann 1 episd lagi. Untk DRAKOR ni?

    ReplyDelete
  20. Akh kecewa dengn ending nya kok g d pertemukn so soo cople d kehidupn moderen nya,msh bnyk teka teki nya masih mengganjal tp y nm nya jg drama toh terima aja,gumawo tuk buat sinop nya

    ReplyDelete
  21. Akh kecewa dengn ending nya kok g d pertemukn so soo cople d kehidupn moderen nya,msh bnyk teka teki nya masih mengganjal tp y nm nya jg drama toh terima aja,gumawo tuk buat sinop nya

    ReplyDelete
  22. @kirei:dulu emang mau dibuat 21 episode 20+1 episode spesial. Makanya awal awal langsung tayang 3 episode biar bisa pas sama jadwal tayangnya. Lha kok kemarin ada 1 hari ga tayang. Jadinya gatau ini kapan mau tayang. Tp denger denger sebelum dramanya lee min ho yg baru. Mungkin ada yg tau pastinya? Siapa tau puji bisa recap hahahaha reader durhaka sukanya nodong nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penulisnya siap di todong kok. Kalau ada waktu, kalau memang ada special ep -nya dan kalau layak direcap ya aku recap. Tapi kalau isinya cuma cuplikan ep 1 - 20, mungkin aku ga akan recap. Tunggu aja kabar selanjutnya

      Delete
    2. Iya puji...recap yg ga ada aja di episode episode kemarin

      Delete
  23. kenapa harus ketemu jimong di masa depan😭kenapa gak wang so aja😭
    speechless dari episode 19 kemaren😭😭😭

    ReplyDelete
  24. Ending nya kok beginiiiiii ???? Ga sesuai dengan ekspektasi dan spoiler yang beredar selama ini,, Wook punya anak nikah ama siapa ?? Tapi terakhir dia malah keinget nyonya Hae. Trus si So, masa dia mau anak nya bernasib sama kaya dia, kurang kasih sayang ? yang paling nyebelin itu ending nya Hae Soo,, bisa gitu tiba2 ke jaman modern, ketemu ji mong yang udah ganteng, trus cuma ngeliat gambar dianya sedih karena udah ninggalin so sendirian, padahal sebelumnya dia bilang ke temennya kalo dia ngerasa mimpi, seharusnya penglihatan dia pas ngeliat gambar itu samar2 gitu antara mimpi atau enggak,dan harusnya menurut aku, zaman georyeo nya itu berenti aja sampe episode 19, dan eps 20 ny itu khusus dibikin d zaman modern, dengan kilatan kilatan masa georyeo, kalo memang mau d bikin sad ending, bikin aja hae soo, so, wook, jung dan lain lain nya itu di zaman modern ga kenal satu sama lain, tapi d pertemukan juga secara kebetulan, *aduh gimana sih ngejelasinny, puji ngerti kan ?? Hehehe* aduuuh,, ini drama dari awal bikin aku berandai andai yang lebay, jujur aku lebih menyukai georyeo dari pada joseon #timgeoryeo ceritanya, alurnya, tapi endingnya ini loh yg bikin nyesek,, tapi yasudahlahyaaah, seenggaknya dengan adanya scarlet heart ryeo ini saya menemukan ajussi kece lagi,, hhahahaha,, oh iyaa, aku denger bakalan ada episode tambahan gitu yaa ??? Kalo aku sih nungguin banget drama legend of the sea (bener ga?) Sama entourage :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua drama yang masuk list recap itu mba. Tunggu aja yah..

      Udah lah, biar Goryeo dan Moon Lover jadi masa lalu buat kita lah udah.

      Delete
    2. Hhihi iya iya,, yang lalu biarlah berlalu, hhahahaha,,,

      Delete
  25. Aaaaa~ ending nya sedih bgt, msih banyak teka-teki, di awal alurnya agak lambat kenapa diakhir malah express bgini, jimong profesor atau tunawisma aja gk ada ceritanya, kaya yang mba puji bilang, berharap mereka ketemu di era modern dengan adegan so sweet pun gk ada.. Kecewa sm PD-nim :'(

    Tapi makasih buat mba puji sm mba ima yg udah buat sinopsis ini, kalian Jjang~

    ReplyDelete
  26. Ngliat di youtube ada season 2 nya.. Dgn setting modern. Mereka smua bersaudara sprt season 1. Pny perusahaan gto wang company.. Moga2 cepet tanyak season ke 2... Smoga brakhir happy ending.

    ReplyDelete
  27. 4hari ini nggak konsen sklh cuma gara2 nih drama. Mewek mulu kalo inget Haesoo dan wangso yang berakhir sad ending. Eh tapi alhamdulillahnya waktu stalk IG lee junki trs dia post foto brg pemeran scarlet heart dan captionnya bilang kalo bakal ada proyek selanjutnya. Kayaknya emg bkl d bikin season 2 atau nggak tmbhn episode gitu deh. Soalnya endingnya aja gantung gitu. Trs sama yg kyk d tulis mimin kalo bagian ending maksain bgt gabung2in scanse. Mungkin emang d buat gitu supaya bisa lanjut ceritanya. Wangso kan juga bilang kalo emang mereka dri dunia yg beda ntar so bakal nemuin soo. Mnrt kalian gitu nggak sih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa project itu yg bikin mereka masih kumpul kumpul sampe sekarang? Hmmmm

      Delete
  28. Endingnya cukup bagus cuman setuju ama jimong jd agak anehhh hahaha dr gelandangan k profesor wkwkwk

    ReplyDelete
  29. Walau ending nya kurang greget, tapi makasih mbak puji udah bikin sinopsis nya. Paling suka drama Saeguk dan fantasi. Tapi ngeliat Lee Jun Ki di drama Scarlett heart ini kok kelihatan agak tirus ya wajahnya? Apakah agak kurusan ya? Soalnya di iljimae keliatan tembem. Hehee.. Suka Saeguk nya opa Jun Ki iljimae, arang, dan Scarlett heart. \^0^/

    ReplyDelete
  30. Kenapa so dingin sama putranya? Mungkin karena dia tau anaknya dijejelin doktrin sama emaknya, jadi percuma sayang anak yg akan ngebunuh dia suatu saat nanti. So tau kok yg dibawa jung itu putrinya,mangkanya dia cabut hukumannya jung ( ngarep biar jung sering ke istana bawa putrinya) walau cuma liat dari jauh
    So menghormati keinginan soo agar anaknya nggak tinggal di istana ( kebayang ketemu evil queen??! ) bisa bisa dikasih racun tuh putrinya soo
    Ji mong kayaknya imortal yg bisa melintasi waktu deh πŸ˜‚ soalnya tingkah lakunya mencurigakan.

    ReplyDelete
  31. Kenapa so dingin sama putranya? Mungkin karena dia tau anaknya dijejelin doktrin sama emaknya, jadi percuma sayang anak yg akan ngebunuh dia suatu saat nanti. So tau kok yg dibawa jung itu putrinya,mangkanya dia cabut hukumannya jung ( ngarep biar jung sering ke istana bawa putrinya) walau cuma liat dari jauh
    So menghormati keinginan soo agar anaknya nggak tinggal di istana ( kebayang ketemu evil queen??! ) bisa bisa dikasih racun tuh putrinya soo
    Ji mong kayaknya imortal yg bisa melintasi waktu deh πŸ˜‚ soalnya tingkah lakunya mencurigakan.

    ReplyDelete
  32. Telat baca ma komen nya..ending nya g seru..kok g ketemu di dunia modern..tp denger² ktnya mw dbwt lg yg scene di dunia modern..ktanya sih..pdhl sdah ngarep bgt liat yg scene di dunia modern nya..mewek sih wkt bca sinopnya..hehehe...bner jg yg dblg ma mba puji..klo di episod nie..cma flash back..smga dbwt yg season 2 nya..amien..😊 gamsahamida eonni puji krn udh mw nulis sinopnya scarlet heart..fighting trs ya..😊

    ReplyDelete
  33. Telat baca ma komen nya..ending nya g seru..kok g ketemu di dunia modern..tp denger² ktnya mw dbwt lg yg scene di dunia modern..ktanya sih..pdhl sdah ngarep bgt liat yg scene di dunia modern nya..mewek sih wkt bca sinopnya..hehehe...bner jg yg dblg ma mba puji..klo di episod nie..cma flash back..smga dbwt yg season 2 nya..amien..😊 gamsahamida eonni puji krn udh mw nulis sinopnya scarlet heart..fighting trs ya..😊

    ReplyDelete
  34. Ga relaaaa... season 2 donk please. Gamsahamnida

    ReplyDelete
  35. Thanks a lots nih mbak buat smua sinop & recap ny... jd pnya refrensi drama baru lg nih.... thank's yaaa. ^_^

    ReplyDelete
  36. Terimakasih mbak puji atas semua sinopsisnya, ini komen pertama aku, gak mau jadi silent reader, at least muncul di episode terahir... maafin ya mbaaak... imho, daripada dibikin season 2 lebih baik sampai disini aja, udah puas pake banget kok sama ceritanya, kalo dibikin season 2 nanti malah makin mirip sama versi bubujinjin (cmiiw)... Setelah sampai di episode terahir dan browse sana sini, aku malah tertarik sama ceritanya anaknya Wang Wook yang perempuan, yang ahirnya punya anak sama Baek Ah, which is aku gatau mereka nikah apa enggak, kayaknya sih enggak... Apalagi di drama ini dimunculin adegan pas Book Sun kecil (right?) ketemu sama Baek Ah di rumah Wang Wook, trus Baek Ah jadi keinget Woo Hee... Its kind of spoiler or just something to make Baek Ah (fans) equitable... Gak ngerti lagi ahirnya Baek Ah (dan anaknya Wang Wook yang perempuan) malah yang bakal jadi moyang raja raja di goryeo sampai (hampir) raja terahir... Pada ahirnya ini hanya imajinasi saya, kalau ada yang membuat ff (Baek Ah - Hyeonjong) boleh bagi tau saya... Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun sempat baca, kan katanya anak Wook ini nikahnya sama Anak -nya So. Cuma dia selingkuh gitu sama Baek Ah. Ga tahu sih sama cerita selanjutnya tentang mereka.

      Tapi emang scene Baek Ah sama Book Sun ini agak ambigu jadi banyak pertanyaan yang muncul meskipun kita tahu kalau dalam sejarahnya mereka bakal saling mencintai.

      ^_^

      Delete
  37. sad ending ga seru lbh suka liat epsode awal" pas msh jd pgeran smua πŸ˜„πŸ˜„ makasih snopsisnya mba
    bner ga sih ktanya sngaja d cut eps 21 nya yg ktmu d dunia modern ,, aku lbh suka baek ah hahaha cute mukanya

    ReplyDelete
  38. Awalnya gak tahu ini drama apa, asal copy sampai separuh. eh teryata ada jung ki dkk, wakty liat, astaga... dramanya daebaak... kereen!! aktingnya top, ceritanya super, unpredicable, daaan terakhir.. butuh episode spesial pleaaaseee !!!!!!!! haaah.,, tak puas sya kalau endingnya di 20 aja.. tambah 3 / 2 ep saja ... :') *masih menanti... wkwkwk btw IU keren sekali di drama ini..

    ReplyDelete
  39. Hal yang ku bingung dari cerita ini ya episode terakhir. Kayak ngambang gitu. Kalau ku pikir-pikir, endingnya akan lebih jelas klo So bertemu lagi di masa depan dengan Hae Soo. Entah ceritanya gimana. Walau endingnya nggak memuaskan tapi cukup membuat perasaan menjadi sedih membaca atau menonton ceritanya.

    ReplyDelete
  40. Hal yang ku bingung dari cerita ini ya episode terakhir. Kayak ngambang gitu. Kalau ku pikir-pikir, endingnya akan lebih jelas klo So bertemu lagi di masa depan dengan Hae Soo. Entah ceritanya gimana. Walau endingnya nggak memuaskan tapi cukup membuat perasaan menjadi sedih membaca atau menonton ceritanya.

    ReplyDelete

Jangan lupa komentar yaah^^ biar aku lebih semangat dalam membuat postingan. Meskipun jarang bales tapi semua komentar selalu aku baca kok.. *serius*

Gomawo^^